Fakultas Teknik UNY dan Alibaba Cloud Indonesia Jalin Kerjasama Internship dan Seminar Mini di Bidang Cloud Server

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjalankan program internship dan seminar mini dengan perusahaan internasional, Alibaba Cloud Indonesia. Acara ini berlangsung di Aula Lantai 3 Gedung KPLT, Fakultas Teknik UNY pada Kamis (21/12). FT UNY melakukan penandatanganan MoA untuk meningkatkan keahlian dalam pengelolaan cloud server melalui program Alibaba Cloud Academy Empowerment Program A Digital Cloud Technology & Alibaba Cloud Technology Introduction serta Alibaba Cloud Career Program and Internship Overview.

Upacara penandatanganan MoA dihadiri oleh pejabat Fakultas Teknik UNY, termasuk Wakil Dekan Bidang Riset, Kerja Sama dan Sistem Informasi & Usaha Dr. Drs. Totok Heru Tri Maryadi, MPd, serta perwakilan dari Departemen Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika. Jajaran manajemen Alibaba Cloud juga turut hadir, seperti Director of Solution Architech Eggy Tanujawijaya, Training Ops Specialist Bayu Irawan, dan Marketing Manager Ghendis Kayira.

Dalam sambutannya, Dr. Totok Heru menyatakan komitmen UNY, khususnya FT UNY, untuk terus meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dalam teknologi informasi, khususnya Cloud Server Alibaba. Pada sesi seminar, Eggy menyampaikan pencapaian Alibaba Group, pengenalan cloud manage service SAAS dan PAAS. Ia juga menekankan bahwa universitas di Indonesia menjadi fokus pasar bagi Alibaba Cloud melalui program Alibaba Cloud Academy, yang memberikan layanan di sektor pendidikan dan perkembangan teknologi.

Pembahasan selanjutnya mencakup topik Alibaba Cloud Academy, Transformasi Digital, Lanskap Teknologi, dan peluang karir di dunia teknologi informasi serta di Alibaba Cloud Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, MoA ditandatangani oleh kedua belah pihak, menandakan komitmen DPTEI FT UNY dan Alibaba Cloud Indonesia untuk menciptakan sumber daya manusia yang terampil dalam pengelolaan cloud server. Acara ditutup dengan pertukaran cinderamata dan sesi foto bersama. (SPD)