You are here
Capaian Pembelajaran (KKNI)
Primary tabs
Submitted by admin on Thu, 2020-01-02 11:03
Capaian Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki rasa nasionalisme, serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Capaian Penguasaan Pengetahuan
Menguasai sains dasar dari bidang matematika untuk landasan berpikir;
Menguasai konsep, teori, dan aplikasi pada bidang teknologi informasi;
Menguasai prinsip dan etika desain dan perekayasaan;
Menguasai metode penelitian, desain, dan perekayasaan teknologi informasi.
Capaian Keterampilan Khusus
Memiliki kemampuan untuk merencanakan, membuat, dan mengevaluasi produk TI;
Mampu menerapkan solusi dengan memanfaatkan teknologi informasi terkini;
Memiliki kemampuan kepribadian sosial yang baik;
Memiliki kemampuan dasar di bidang rekayasa perangkat lunak/sistem informasi, bidang perancangan multimedia, atau bidang-bidang komunikasi data/jaringan komputer;
Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada bidang teknologi informasi;
Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada sistem perangkat lunak, jaringan komputer, dan multimedia;
Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah rekayasa pada teknik informatika dan komputer;
Mampu merancang program sesuai permintaan pelanggan dengan algoritma yang tepat dan pelkuang pengembangan program/perangkat lunak, atau produk-produk multimedia/grafis atau merancang terkait jaringan komputer baik skala kecil dan luas beserta seluruh kebutuhan keamanan jaringan sesuai dengan model berbagai teknologi jaringan yang berkembang dan peluang pengembangan jaringan.
Capaian Keterampilan Umum
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahlian teknologi informasi dan komputer;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai bidang keahlian teknologi informasi dan komputer bedasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang teknik komputer dan teknologi informasi, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Kontak Kami
Copyright © 2024,