PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DOSEN JPTEI FT UNY: PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MA'ARIF 1 SALAM MAGELANG

Pengabdian pada Masyarakat Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika (JPTEI) FT UNY: Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Elektronika Industri Di SMK Ma'arif 1 Salam Magelang

oleh : Dr. phil. Mashoedah, S.Pd., M.T.
          Dr. Ir. Drs. Masduki Zakarijah, M.T.
          Dr. Aris Nasuha, S.Si., M.T.

SMK Maarif 1 Salam Magelang, yang beralamatkan di Jl. Citro Gaten Salam Magelang Jawa Tengah, mempunyai lima (5) paket keahlian, yaitu Teknik Audio Video, Teknik Permesinan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Ototronik, dan Teknik Sepeda Motor.

Tujuan Umum berdirinya sekolah ini adalah menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, serta sehat jasmani dan rohani, dan menjadi warga Negara yang demokratis dan menyiapkan tenaga pelaksana di bidang Teknik Elektronika yang memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap sebagai manusia yang bertanggung jawab dan mencintai profesi pekerjaannya.

Sedangkan Tujuan Khusus yang ingin dicapai adalah menyiapkan siswa/tamatan: (1) memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam lingkup keahlian Teknik Elektronika, khususnya Teknik Audio Video, (2) mampu memilih karier, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian Teknik Elektronika, khususnya Teknik Audio Video, (3) menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Teknik Elektronika, khususnya Teknik Audio Video, (4) menjadi warga negara yang produktif, adaptif, selektif dan kreatif. 

Ruang Lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Teknik Audio Video adalah jenis pekerjaan dan/atau profesi yang relevan pada jenjang SMK antara lain adalah: mengoperasikan, merawat, menginstalasi, menerapkan, dan mereparasi Sistem Elektronika Operator di Perusahaan bidang Elektronika Perusahaan Elektronika Mitra/ pada Instansi Pemerintah, BUMN dan Perusahaan Swasta, seperti PT. LG, Panasonic, Toshiba, berbagai Departemen, Pemprov, Pemkot /Pemkab.

Sedangkan standar kompetensi yang digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum Program Keahlian Teknik Ototronik adalah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada Bidang Otomotif Perbaikan Kendaraan. Standar kompetensi dan level kualifikasi keahlian Teknik Ototronik dapat digambarkan sebagai berikut : (1) memahami dasar dasar kejuruan mesin, (2) memahami proses-proses dasar pembentukan logam, (3) menjelaskan proses-proses mesin konversi energi, (4) menerapkan prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja, (5) menginterprestasikan gambar teknik menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja, (6) menggunakan alat-alat ukur (measuring tools), (7) membuat rangkaian elektronik terapan, (8) membuat sistem kontrol aplikatif dengan pemrograman berbasis mikroprosessor atau microcontroller.

Untuk memenuhi kurikulum tersebut di atas beberapa keluhan guru elektronika SMK Maarif 1 Salam Magelang adalah memiliki beban tanggung jawab yang berat untuk meng-update pengetahuannya sebagai kompetensi profesional yang ia miliki. Salah satu materi bidang elektronika yang harus dikuasi oleh guru adalah Programmable Logic Controller (PLC). PLC adalah adalah sebuah teknologi sistem kendali yang digunakan di industri. Materi PLC sebagaimana materi kendali elektronika lainnya memiliki perubahan dan perkembangan yang sangat cepat, sehingga guru elektronika diharapkan selalu meng-update pengetahuannya untuk selalu dapat menguasai materi ini. Sementara itu beberapa guru elektronika di SMK Ma'arif 1 Salam Magelang masih banyak yang belum menguasai materi ini untuk dapat disampaikan kepada siswa. 

Dari analisis situasi di atas, dapat diidentifikasi masalah yang dihadapi yaitu adanya kesenjangan antara tuntutan tujuan pendidikan di SMK Maarif 1  dengan kemampuan yang dimiliki oleh guru-guru di SMK tersebut. Tujuan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) ini adalah meningkatkan kompetensi profesional guru-guru SMK Maarif 1 Salam Magelang Jurusan Elektronika pada mata diklat Programmable Logic Controller (PLC). Manfaat kegiatan PPM yang diimplementasikan dalam bentuk workshop diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan baru bagi guru-guru SMK Maarif 1 Salam Magelang tentang materi PLC, sehingga komptensi profesional guru dapat meningkat. Khalayak sasaran yang strategis dalam kegiatan ini adalah Guru-guru di SMK Maarif 1 Salam Magelang bidang Elektronika dan Ototronik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan berbagai kegiatan pelatihan/workshop pada tanggal 07 April 2019 terhadap guru diantaranya sebagai berikut.

  1. Memberi pemahaman mengenai teknologi PLC dan perkembangannya, dimana bentuk kegiatannya adalah workshop tentang pemrograman PLC. 
  2. Memberikan ceramah tentang materi-materi keelektronikaan lainnya yang terkait dengan mata diklat yang sesuai dengan kurikulum. 


Berikut ini beberapa foto kegiatan Pengabdian pada Masyarakat Dosen JPTEI FT UNY di SMK Maarif 1 Salam Magelang pada Tahun 2019.